BERKATA BAIK, ATAU MENCACI MAKI?

Dahulu, Ibnu Abbas RA mengatakan: “Pada mulanya umat Islam berkata Raa’ina kepada Rasulullah saw sebagai permohonan dan keinginan untuk mendapat perhatian. Raa’ina memiliki arti yaitu “Perhatikanlah kami!”

Namun kata “Raa’ina” diplesetkan oleh kaum yahudi, menjadi kata “Ruu’una” yang berati bodoh sekali. Dan poerkataan ini mereka tujukan untuk Rasulullah kemudian dibarengi dengan tawa mengejek.

 
DENGAN 50K, BISA GABUNG PROYEK SURGA

Kalau berbicara soal proyek, kira-kira apa yang terpikir dalam benak kita? Pasti tentang kegiatan yang telah ditetapkan awal pekerjaannya, waktu selesainya (biasanya dibatasi waktu dan sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik juga unik. Umumnya menghasilkan sebuah perubahan besar yang bermanfaat serta memiliki nilai tambah.

 

Lalu bagaimana dengan proyek surga? Tentu sebuah kegiatan yang sifatnya sementara, unik dan berkelanjutan, untuk menghasilkan sesuatu yang besar dan bernilai surga. menarik bukan?

 
TAHUKAH KAMU? MENOLONG ORANG LAIN ITU.....

Pernah muncul pertanyaan dalam benak saya (penulis). Apakah sedekah itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki harta. Benda, meski ia dalam keadaan butuh? Sekecil apapun, bila disedekahkan, maka bernilai pahala. Lantas apakah orang yang tidak memiliki apa-apa apa-apa yang bisa disedekahkan, tak memiliki kesempatan untuk bersedekah?

 

Pertanyaan itu muncul ketika saya (penulis) mendengar cerita tentang seorang kakek rentab yang dalam kehidupannya merupakan orang yang hidup dari orang lain. Ia tak memiliki roti untuk dimakan hari itu, uang, baju, dan tak memiliki tempat tinggal, kecuali atas belas kasihan warga padanya. Ia pernah berkata :

 
LAUT YANG GELISAH
Bercerita soal laut, Indonesia memiliki cerita suram tentangnya. Bangsa kita tercinta ini, pernah merasakan 7 peristiwa tsunami yang membuat kelam dan kesedihan. Diantaranya adalah Tsunami Sulteng (10/8/1968), Tsunami Sumba (19/8/1977), Tsunami Flores (12/121992), Tsunami Banyuwangi (3/6/1994), Tusnami Kepulauan Banggai (9/5/2000), Tsunami Aceh (26/12/2004), Tsunami Pangandaran (17/7/2006).

Ada sebuah hadist, yang memberikan kabar tentang bagaimana keadaan laut dalam kesehariaannya.
 
CERITA DI BALIK DOA "MEMBOLAK-BALIKKAN HATI"
Barang kali kita sering mendengar ustad ketika berceramah, mengutip doa yang berbunyi.

"Ya muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala diinik"

Lalu kemudian diteruskan dengan anjuran istiqomah, dan seterusnya sesuai dengan pambahasan masalah hati dan keistiqomahan.

Ada apa dengan doa ini? mengapa Rasulullah sering membaca doa ini?
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 6 of 64

Link Facebook

Program Peduli Pendidikan

 SEKOLAH GRATIS BERMUTU
Program Pendidikan memberikan bantuan beasiswa pendidikan Beastudi Ummah. 

Program Peduli Kesehatan


Kami menghadirkan Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan Insani Bebas Biaya. Insyaallah dalam waktu dekat  akan dikembangkan menjadi RSI

Program Peduli Ekonomi


Unit Program UMMAH adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kurang mampu

Kosultasi Zakat

Asnaf Zakat dan Revitalisasi Zakat
Assalamu'alaikum Wr., Wb.
Ustadz saya ingin bertanya antara tugas amil dan asnaf lainnya serta revitalisasi zakat dalam pemberdayaan secara real di lapangan dan era modern ini. Dan mohon sertakan pendapat para ulama.

BEZ News Letter

Donatur Online
















Web Link

 

Sedang Online

We have 5 guests online

Video Kegiatan