MENCARI JALAN TERANG
Written by swadaya   
Friday, 02 August 2019 14:27

 

Menggandeng motivator muda Riau, Bung Misnan, Relawan Swadaya Ummah (SIV) mengadakan seminar motivasi literasi belajar di SMK Global Cendekia kecamatan Tambang, Kampar.

Menghadapi era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan tersendiri bagi anak-anak muda. mereka masih abstrak untuk mengidentifikasi tentang siapa lawan mereka, mengincar apa dan bagaimana cara menghadapinya?

Industri 4.0 bukan hanya soal digitalisasi setiap lini kehidupan. namun lebih dari itu, harus ada filter khusus yang mampu mencounter serangan virus-virus tak terdeteksi di dalam bebasnya informasi ini sebagaimana Malware (Malicious Software) yang masuk diam-diam melalui email, internet download, dan aktivitas online lainnya ke dalam sistem progam, lalu merusak semua sistem tanpa terdeteksi kedatangannya. tiba-tiba saja gejalan terjangkitnya sudah muncul, dan kita kecolongan sebelum melakukan proteksi.

Industri 4.0 membuka semua gerbang dunia. mulai budaya, informasi, dan berbagai hal bebas akses. kadang dengan "tengilnya" hadir ditengah-tengah aktivitas maya kita tanpa kita inginkan. 

Bagaimana jika yang mengakses kebanyakan adalah generasi 4.0 yang sejak lahir sudah berinteraksi dengan dunia digital? budaya dan informasi "mematikan" bebas berkeliaran di sebuah "kotak kecil ajaib" di tangan halus mereka baik di dalam rumah, kamar, sekolah, berbaring, duduk, bahkan tertidur sekalipun.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah kehidupan manusia, orang tua 100% tak memiliki kuasa memantau aktivitas informasi keda;am otak si anak. Jalan cerita kehidupan generasi seolah begitu "dark" di satu sisi.

Untuk itu dalam mengikhtiarkan "pencarian jalan terang", penguatan literasi belajar sepertinya menjadi salah satu pilihan guna mengedukasi generasi 4.0 ini agar memiliki idealisme dan konsep berpikir sebelum melakukan pencarian informasi di dunia digital. Demikian sekelumit perjuangan SIV Swadaya ummah dalam ikhtiar MENCARI JALAN TERANG di tengah abstracnya budaya sharing di tengah generasi yang hidup di era revolusi industri 4.0.

wallahu a'lam

Last Updated ( Friday, 02 August 2019 14:52 )
 

BEZ News Letter