SYAM NEGERI BERKAH, AL IZHAR SCHOOL INVESTASI KE PALESTINA

Bersama Syeikh Seifeddin Ashour, hafidz bersanad dari Ghaza, Palestina, melakukan safari dakwah ke sekolah Al Izhar Pekanbaru.

 

"Persaudaraan yang terjalin antara Indnensia dengan Palestina adalah persaudaraan karena iman. mustahil jika bukan karena iman, persaudaraan antara dua negara yang jauh itu bisa sedekat ini."

 

Al Quran mengajarkan kepada kita untuk slaing berbagi kepada sesama.

 

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS. Al Hadiid: 7)

 

Berbagi kepada Palestina, merupakan sebuah keuntungan tersendiri. dimana selain pahala kebaikan melimpah, juga berinvestasi karena sudah mendermakan harta untuk perjuangan di bumi Syam yang Allah ridhoi sekelilingnya.

 

Rasulullah mengatakan Syam sebagai negeri yang baik, sampai sahabat bertanya, "Kebaikan pada negeri Syam. 'Kami bertanya, Mengapa wahai Rasulullah?' Beliau bersabda: 'Karena Malaikat rahmah (pembawa kebaikan) mengembangkan sayap di atasnya." (HR. Tirmidzi).

 

Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Ya Allah, berkatilah kami pada negeri Syam kami dan negeri Yaman kami.’

Ibnu ‘Umar berkata, “Para sahabat berkata, ‘Juga untuk negeri Najed kami.’ Beliau kembali berdoa. ‘Ya Allah, berkatilah kami pada negeri Syam kami dan negeri Yaman kami.’ Para sahabat berkata lagi, ‘Juga untuk negeri Najed kami.’

 

Ibnu ‘Umar berkata, “Beliau lalu berdoa, ‘Di sanalah akan terjadi bencana dan fitnah, dan di sana akan muncul tanduk setan.’” (HR. Al-Bukhari)

 

lalu apa sajakah negara yang ada di negeri Syams tersebut? 

 

Negeri Syam merupakan sebuah daerah yang terletak di timur Laut Mediterania, barat Sungai Efrat, utara Gurun Arab, dan sebelah selatan Pegunungan Taurus. Kawasan ini meliputi empat negara, yaitu Suriah yang merupakan pusat negeri Syam, Palestina sebagai kiblat pertama kaum muslimin, Lebanon, dan terakhir Yordania. Negara Syam merupakan tempat dari agama samawi, yaitu Islam, Nasrani, dan Yudaisme.

 

Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Di saat tidur aku melihat tiang-tiang kitab (iman) telah diambil para malaikat dari bawah kepalaku, aku sangka iman akan tercabut dari muka bumi ini. Kemudian aku ikuti arah pandanganku lalu cahaya itu ditegakkan ke arah Syam. Tidakkah Iman akan tetap ada di negeri Syam di saat terjadi fitnah.” (HR. Ahmad)

 

mak dengan demikian, kehadiran Palestina di Al Izhar School pekanbaru, merupakan modal baik untuk meraih keberkahan bersama negeri Syams yang kelak iman akan tetap ada disana sampai akhir zaman.

 

Wallahu a'lam

 

BEZ News Letter