WABAH CORONA INFECTS

Baru-baru ini, dunia dihebohkan dengan adanya virus 2019-nCOV atau yang lebih dikenal dengan nama Virus Corona. Virus ini menyebabkan Wuhan, ibukota provinsi Hubei di China, menjadi terisolasi. Warganya tak memiliki akses untuk keluar dari provinsi tersebut. Termasuk di dalamnya berkewarganegaraan Indonesia yang sedang menempuh pendidikan. Kondisi ini membuat Wuhan seperti kota mati.

 


Hingga saat ini, Virus Corona menginfeksi sekitar 2.700 jiwa. Sedang 80 jiwa diantaranya menurut harian theguardian.com, mengalami kematian. Selain itu, ada 13 negara yang mengkonfirmasi pendeteksian penyebaran virus Corona.


Betapa sesungguhnya manusia tiada kekuatan apa-apa. Ketika Allah telah menurunkan ketentuannya, sekuat apapun kedigdayaan manusia, akan runtuh dihadapan makhluk kecil ciptaan Allah.


Wabah Virus Corona di China, merupakan teguran Allah kepada manusia. Sebagaimana dahulu, pernah terjadi wabah Kolera di masa pemerintahan Umar Ibnu Khattab. Rasulullah mengajarkan kepada kita do’a sebagai berikut :


"Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu, Allahumma innii a'uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom".


Artinya: Dari Anas radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Muhammad shallahu allahi wasallam mengucapkan doa: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit. (HR Abu Dawud)


Tentu berdoa saja tidak cukup, karena harus ada upaya yang dilakukanm oleh manusia sebagai bentuk ikhtiar.  Berikut kami sampaikan tips pencegahan diri dari virus 2019-nCOV (Corona) sebagai bentuk ikhtiar yag dapat dilakukan manusia :


1. Jalani hidup sehat, dengan makan-makanan yang bergizi dan nutrisi cukup

2. Istirahat dengan kualitas baik

3. Tidak merokok

4. Menggunakan masker ketika berada dalam keramaian

5. Mencuci tangan setelah menggunakan fasilitas publik

6. Ketika flu dan batuk, gunakan etika. Seperti menutup hidung dan mulut.

7. Memperbanyak sedekah


Sebagaimana Rasulullah katakan, 


“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk” (HR. Tirmidzi)

Wallahu a’lam.


 

BEZ News Letter