Sedekah Itu Berkah
Written by swadaya   
Thursday, 16 February 2012 22:37
Assalamu'alaikum Wr., Wb
Ustadz saya ingin bertanya tentang keberkahan sedekah, mudah-mudahan ini membawa kebaikan bagi saya. Dan saya minta untuk disertakan dalil-dalilnya.
Irfan-Taluk Kuantan

Berkah itu berarti bertambahnya kebaikan pada sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa ketika seorang mukmin menuaikan kebaikan yang bersandarkan kepada syariat Islam maka dia akan mendapatkan keberkahan. Sedangkan kalau berkah kita kaitkan dengang sedekah, maksudnya bahwa harta yang dimiliki setelah dikeluarkan sedekahnya maka harta menjadi berkah, bertambah baik. Untuk dalil-dalilnya sebagaimana berikut ini.
  1. Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Alloh akan menghapuskan dari kamu kesalahan-kesalahanmu, dan Alloh mengetahui apa yang kamu kerakan (QS.Al-Baqoroh[2]:271)
  2. Shadaqoh yang palinh utama adalah engkau bershadaqoh ketika dalam keadaan sehat dan bugar, ketika engkau menginginkan kekayaan melimpah dan takut fakir. Maka jangan kau tunda sehingga ketika ruh sampai tenggorokan baru kau katakan, “untuk fulan sekian, untuk fulanah sekian” (HR. Bukhori dan Muslim)
  3. Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan.” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir, (QS.Al-Baqoroh[2]:219)
  4. Tidak ada shodaqoh kecuali setelah kebutuhan wajib terpenuhi (HR Bukhori)
  5. Shadaqoh yang paling utama adalah (infak) maksimal orang yang tak punya (HR Abu Dawud)
  6. Rasul bersabda: Satu dirham telah mengalahkan seratus ribu dirham. Sahabat bertanya: Bagaimana itu terjadi wahai Rasulullah? Beliau menjawab, “Ada seorang yang hanya mempunyai 2 dirham lalu dia bersedekah dengan salah satu dari 2 dirham itu. Dan ada seorang yang mendatangi hartanya yang sangat melimpah ruah, lalu mengambil seratus ribu dirham dan bersedekah dengannya (HR An-Nasai, Shohihul jami’)
  7. Seorang apabila menafkahi keluarganyadengan mengharapkan pahalanya maka dia mendapatkan pahala sedekah (HR Bukhory dan Muslim)
  8. Ada 4 dinar; satu dinar engkau berikan kepada orang miskin, satu dinar engkau berikan untuk memerdekakan budak, satu dinar engkau infakkan fisabilillah dan satu dinar engkau belanjakan untuk keluargamu. Dinar yang paling utama adalah yang engkau nafkahkan untuk keluargamu (HR Muslim)
  9. (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang sangat fakir. (QS Al Balad[90]:13-16)
  10. Bersedekah kepada orang miskin adalah sedekah saja, sedangkan jika kepada kerabat maka ada 2 kebaikan yaitu, sedekah dan silaturohim (Ahmad, an-Nasai, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  11. Shadaqoh yang paling utama adalah kepada kepada kerabat yang memendam permusuhan (HR Ahmad, Abu Dawud dan At-Tirmidzi)
  12. Jika engkau memasak sop maka perbanyaklah kuahnya, lalu bagilah sebagiannya kepada tetanggamu (HR Muslim)
  13. Dinar yang paling utama adalah dinar yang dinafkahkan seorang untuk keluarganya, dinar yang dinafkahkan seorang untuk kendaraannyan (yang digunakan) di jalan Alloh dan dinar yang dinafkahkan seorang kepada temannya fi sabilillah azza wa jalla (HR Muslim)
  14. Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan atau pun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS At Taubah[9]:41)
  15. Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar. (QS Al Hujurat[49]:15)
  16. Barang siapa mempersiapkan (membekali dan mempersenjatai) seorang yang berperang maka dia telah ikut berperang (HR Bukhori dan Muslim)
  17. Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal: shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholih yang mendo’akannya (HR Muslim)
  18. Barang siapa ingin ingin dilapangkan rizqi dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menjalin silaturohimm (HR Bukhori dan muslim)
  19. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri (QS An-Nisa’[4]:36)
  20. Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Alloh dan kepada tali (perjanjian ) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Alloh dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Aloh dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas (QS.Ali Imron[3]:112)
  21. Dan bersegeralah kepada ampunan dari tuhan kamu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumu yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Alloh menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan (QS.Ali Imron[3]:133-135)

Demikian semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kesertaannya dalam rubrik ini.
 

BEZ News Letter