TAHUKAH ANDA? SURAH AL-KAHFI PUNYA 5 KEUTAMAAN

Yang selam ini kita tahu, surah al-Kahfi mempunyai keutamaan bila dibaca pada hari jum’at. Selain itu, kita juga sudah memahami bahwa surah Al-Kahfi bisa menyelamatkan diri dari Dajjal. Tapi ternyata tak banyak yang tahu, bahwa surah Al-Kahfi memiliki beberapa keutamaan lainnya..
 
Apa sajakah keutamaan tersebut?
 
Pertama, cahaya akan memancari hamba-Nya pada hari kiamat. Keutamaan ini bukan tanpa dalil, sebab kata nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam,
 
“Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al-Hakim, Al-Baihaqi dan Ad-Darimi)
 
Selain itu, nabi juga mengatakan,
 
“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat” (HR. Hakim)
 
Kedua, Allah akan memberinya petunjuk bagi mereka yang membacakan surah Al-Kahfi pada malam jum’at. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya,
 
“Sesungguhnya barangsiapa membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat” (HR. Hakim)
 
Ketiga, Allah akan turunkan ampunan baginya di antara dua jum’at, bagi hamba-Nya yang senantiasa membaca dan mengamalkan surah Al-Kahfi.
 
“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Ibnu Umar)
 
Keempat, Allah selamatkan ia dari fitnah Dajjal laknatullahu ‘alaih. sebagaimana yang kita ketahui dari berbagai nash, bahwa Dajjal merupakan fitnah terbesar yang sangat di khawatirkan Rasulullah menimpa umatnya. Sampai-sampai nabi pernah mengatakan, andai Dajjal muncul pada masa Rasulullah, maka Rasulullah yang akan membela umatnya. Namun yang nabi khawatirkan, bila Dajjal muncul pada masa ketika Rasulullah telah tiada.
 
Untuk itu, nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan pesan,
 
“Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surah Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim)
 
Dan juga riwayat lain yang mengatakan,
 
“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Darimi)
 
Semoga kita dan anak keturunan, Allah lindungi dari fitnah Dajjal. Aamiin.
 
Kelima, Allah turunkan sakinah ke dalam hati hamba yang membaca surah Al-Kahfi.
 
Al Barra’ mengatakan, pernah ada seorang laki-laki yang membaca surah Al-Kahfi di dalam rumahnya. Sedangkan di halamannya terdapat hewan kendaraannya. Hewan kendaraan tersebut larat dan membuat laki-laki itu keluar rumah. Dilihatnya ada kabut atau awan yang menutupinya.
 
Ketika hal itu diceritakan kepada Rasulullah, beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan,
 
“Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Al Qur’an atau turun kepada Al Quran.” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
Wallahu a’lam.
 
Demikian 5 keutamaan surah Al-Kahfi. Semoga bermanfaat. Di penghujung jumat ini, mari kita manfaatkan keutamaannya dengan memperbanyak membaca surah Al-Kahfi serta melengkapi dengan amal kebaikan.
 
Mari bergabung bersama program kepedulian JUM’AT BERBAGI Swadaya Ummah, dengan terlibat sebagai donatur berbentuk Shodaqoh jariyah melalui rekening kepedulian kami di,
 
BNI Syariah
011-3222-802
a/n. Swadaya Ummah
 
Untuk konfirmasi donasi,
082392388134 (Firman Saputra)