THE FLAME OF FIRE

Dosa, menjadi momok yang sangat menakutkan bagi manusia yang sehat jasmani dan rohani. Ancaman “The Flame of Fire” mengintimidasi setiap manusia sehat hingga mengusik ketenangan hati. Akibat dari penuhnya dosa, membuat hati bergidik membayangkan amukan api yang menghitam menghanguskan bebatuan hingga menjadi abu.

Bagaimana cara kita menghindari amukan “The Flame of Fire” yang mengerikan itu?

Di momen Arafah ini, ada sebuah hadist dari Baginda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam.
“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang besar. Yakni dihapuskannya dosa setahun yang lalu dan setahun mendatang. Artinya dengan mengerjakan puasa sunnah arafah, ada dua tahun yang Allah hapuskan dosa-dosanya.

Namun dalam hal ini, ulama berbeda pendapat. Ada yang mebtakan bahwa yang dihapus adalah dosa-dosa kecil, sementara dosa-dosa besar diringankan. Sebagaimana Imam Nawawi ketika mensyarah hadist di atas. Sementara Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa dosa kecil dan besar semoga Allah ampuni karena konteks hadist di atas bersifat umum.

Nah, dari risalah singkat ini kita akhirnya mengetahui salah satu cara untuk menghindari “The Hell” dan amukan “The Fire of Flame” adalah dengan menjalankan puasa arafah ini. Semoga bermanfaat, dan tetap memberikan kontribusi terbaik. Wallahu a’lam.